Minggu, 20 Januari 2013

5 sejarah yang dirahasiakan I



● Orang-orang yang melakukan penebangan pohon-pohon di dalam hutan (dikebanyakan negara) hanyalah untuk dijadikan kayu bakar atau membukalahan pertanian baru. Pepohonan di hutan hujan berfungsi menahan airhujan di dalam tanah dan membersihkan udara untuk kita bernafas. Tetapihutan yang gundul di beberapa negara-negara beriklim tropis akan mudahdisapu air apabila hujan lebat yang bisa mengabiskan sumber ikan dipantai dan bisa mengubah tanah menjadi padang pasir. Di negara Haitihutannya hijaunya tinggal 5%, juga di beberapa negara lainnya, bahkanlebih sedikit lagi. Sedangkan pohon tertinggi di dunia adalah redwoodyang tingginya 113 meter, di AS.

● Burung yang dikenal sebagai merpati berjalan di atas tanah dariAmerika Utara telah dibunuh dari 5.000 sampai dengan 10.000 juta dalam1880.

● Zaman es berikutnya akan datang kira-kira 100 sampai paling lama 4000tahun, menurut variasi terakhirnya dan kita sekarang berada di bagianakhir dari masa hangat ke-20, yang dimulai bahwa tahun 9000 SM.

● Takhyul. Ditiadakannya jalur no.13 di dalam bangku pesawat udara,tidak ada penomoran lantai ke- 13 di beberapa negara (khususnya USA),tidak ada kamar nomor 13 di hotel-hotel dan raja Swedia menolak untukmakan bersama dengan 13 orang pada satu meja!

● Beberapa mitos palsu yang populer. Seperti kisah bajak laut di masalalu dalam kenyataan sebenarnya hampir tidak pernah menyuruh tawanannyadengan "hukuman terjun ke laut" seperti yang sering ditampilkan didalam cerita film. Dan hanya sedikit bajak laut yang mencari hartakarun, karena para bajak laut biasanya hanya saling membagi barangrampasan dengan sesama temannya dan berfoya-foya menghabiskannya padapelabuhan yang berikutnya. Jadi hampir tidak ada peta harta karun dalamkehidupan nyata. Kecuali kisah tentang tenggelamnya kapal Spanyol yangmemuat emas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar