Selasa, 14 Mei 2013

mata hari


Perjalanan sejarah dunia dan setiap bangsa tidak terlepas dari kehadiran para perempuan cantik, pintar dan berani. Di balik kecantikan dan sifat keperempuanan yang mereka miliki,  namun sejarah tetap mencatatnya sebagai sosok yang berpengaruh dalam pergerakan kaum perempuan di dunia. Berikut 10 perempuan cantik, pintar dan berani  yang menginspirasi sebuah film:

7. Mata Hari
Mata Hari adalah nama panggung dari Margaretha Geertruida Zelle. Dilahirkan di Leeuwarden, Friesland di Belanda, 7 Agustus 1876. Bersuamikan tentara KNIL, Mata Hari dan suaminya pernah tinggal di Jawa dan Sumatra antara 1897-1902. Sebelum terjun di dunia spionase, wanita yang memiliki kode rahasia H21 ini mengawali kariernya sebagai penari erotis di Paris. Kondisi inilah yang kemudian menyeretnya dalam dunia spionase.

Saat menjadi stripper di Berlin, Agen rahasia Jerman merekrutnya. Di banyak tempat dia melakukan affair dengan banyak orang penting, juga ditawari sebagai mata-mata Perancis dengan honor 1 juta Frank pada saat itu. Sampai akhirnya Agen Rahasia Perancis berhasil menangkap dan menginterogasinya saat dia akan menyeberangi Perancis untuk mengunjungi salah satu affairnya. Agen Rahasia Perancis menangkap Mata Hari karena diyakini dialah “The Greatest Woman Spy” yang mesti bertanggung jawab atas kematian beribu-ribu tentara akibat informasi yang diberikannya. Dia lalu diadili di pengadilan perang dan dieksekusi dihadapan regu tembak pada tanggal 15 Oktober 1917. Kisah hidupnya difilmkan dalam ‘Mata Hari’ dirilis pada 1985 dan dibintangi oleh Sylvia Kristel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar